Selasa, 24 Juni 2008

SISTEM OPERASI

Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating systematau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memorikomputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelahSistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untukitu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagimelakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh SistemOperasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengankernel" suatu Sistem Operasi. software-software "

Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satupaket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall.

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubungantara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukansemua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapatberjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnyadapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memilikiakses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka SistemOperasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalanmendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak salingmengganggu.


Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatanbaru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal. program

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapatdipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secarasimultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System. Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, sertainputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dandibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalahReal-Time OS

Sebagai contoh, yang dimaksud sistem operasi itu antara lain adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, palm, dan sebagainya.

* Sejarah Sistem Operasi

Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapatdibagi kedalam empat generasi:
1 . Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagaipengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitungterbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkankesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksiharus dikerjakan secara langsung.
2 . Generasi Kedua (1955-1965)Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasiini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa bagian dari fungsi sistemoperasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi FMS (Fortran Monitoring System) .
3. Generasi Ketiga (1965-1980)Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkanuntuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewatsecara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakanbanyak pengguna sekali gus) dan multi-programming (melayani banyak program sekali gus).
4 . Generasi Keempat (Pasca 1980an)Pada generasi ini , sistem operasi dipergunakan untukjaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang salingterhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan GUI (Graphical User Interface) yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangatnyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidaklagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebihbaik.
5 Generasi Kelima (Pasca 2001 sampai Sekarang )Mendefinisikan komputer generasi kelimamenjadi cukup sulit karena tahap ini masih dalam perjalanan. Contoh imajinatif komputergenerasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudulmenampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputergenerasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memilikinalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajardari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud.Beberapa komputer dapat menerimainstruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkanbahasa asing sekarang menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitastersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwapengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedarmenterjemahkan katakata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatankomputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuanpemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akandigantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secaraserempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektriktanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepangadalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untukmerealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namunbeberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akanmembawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasi
Macam-macam sistem operasi yang dipakai:
Banyak sebenarnya sistem operasi yang dipakai di dunia ini selain Microsoft windows, sepertimisalnya BeOS buatan Macintosh, PetrOS buatan Trumpet Software International Pty Ltd, MacOS buatan Apple, Solaris,

Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khususdigunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa


pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;
o Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama,bahasa pemrograman jenis inisangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
o Midle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimanapenggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatansingakatan seperti STO artinya simpansingkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolongkedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator). yang terminal 2001:Space Odyssey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar